Bahaya mencuci mesin mobil Avanza !!

Dampak yang di timbulkan jika mencuci area mesin mobil Avanza

Hi otolovers ! Tema kita kali ini adalah bersih bersih, namun yang sehat dan tidak beresiko pada mobil anda

Mencuci dan membersihkan hingga mobil terlihat indah, menambah kenyamanan dan rasa bangga saat berkendara namun tidak semua area mobil dapat di cuci !

khusus untuk mobil avanza di bawah tahun 2012 jangan pernah sesekali mencuci pada area mesinnya karena akan berdampak sangat buruk





Untuk lebih jelasnya akan saya jabarkan secara rinci dan semoga dapat di mengerti otolovers

Apa alasanya kenapa tidak boleh mencuci mobil Avanza pada area mesin ?

penjelasannya seperti ini :

filter udara mobil Avanza berada pada bagian atas mesin, sehingga pada saat bagian filter udara di siram air, air tersebut mengalir melalui celah celah yang berada pada housing filter udara, air tersebut masuk ke dalam throttle body dan juga intake.

Air yang berada di dalam intake tersedot masuk ke dalam ruang bakar / dinding silinder, air yang berada di dalam silinder tidak bisa terbakar dan keluar dari dalam dinding silinder, sehingga piston berbenturan dengan air yang berada di dalam silinder tersebut !

Efek dari benturan tersebut adalah, stang seker menjadi bengkok !

Kejadian seperti ini di sebut dengan istilah
 " water hammer "

biasanya terjadi pada silinder no. 4 karena posisinya yang lebih rendah diantara yang lainya

Bengkoknya stang seker membuat suara mesin menjadi klotok klotok dan mesin menjadi pincang

Bila sudah seperti ini wajib engine over houl atau turun mesin, dengan estimasi biaya sekitar 10 jt rupiah

Hayoo kalau sudah tahu dampaknya seperti ini apa masih mau cuci mesin mobil Avanza. Saran dari saya cukup di bersihkan saja dengan kain lap basah atau di salon mesin, hal seperti lebih efektif di lakukan ketimbang di cuci

memang ada sebagian mobil avanza bila kemasukan air cuma brebet saja pada saat pertama kali di hidupkan setelah di cuci mesinnya, namun dampak terburuknya adalah water hammer seperti yang sudah di jelaskan tadi.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda yang ingin berlangganan silahkan follow kami dan masukan email anda di follow by email > thanks .



Nanang hadtra
Nanang hadtra Hallo semuanya, ! Perkenalkan nama saya adalah nanang hadtra, Saya adalah seorang yang senang membaca dan suka mencoba hal hal yang menarik buat saya , Merupakan pribadi yang colour full , saya senang mempelajari semua jenis ilmu , Baik dalam bidang elektronika listrik rendah , komputerisasi , desain grafis , internet marketing bahkan otomotif mobil pun menjadi kegemaran saya Semua ilmu yang saya dapat merupakan pengalaman pribadi yang coba saya tuangakan dalam bentuk tulisan artikel dalam blog pribadi saya Semoga menjadi amal jariyah , dan dapat bermanfaat serta memberikan peluang rezeki bagi kalian yang membaca dan mendapatkan ilmu dari tulisan yang tak seberapa ini, Terima kasih atas partisipasi dan waktu yang sudah anda luangkan , Kritik dan masukan anda ataupun ucapan terima kasih anda untuk kami, semoga membuat blog ini jauh lebih berkembang dan maju dalam ilmu teknologi, . :)