AKi kering dan AKI basah, manakah yang terbaik !!

Kelebihan dan kekurangan aki kering dan AKI basah




Mempunyai kendaraan yang sehat merupakan impian semua driver, apalagi bila si kendaraan tidak rewel !

Selalu mudah untuk di hidupkan, tidak mudah tekor aki dan serta perlengkapan interior kelistrikan mobil yang berkerja dengan baik






namun aki atau baterai mobil kering maupun basah, mempunyai umur produktif yaitu selama 4 - 5 tahun

bila usia aki Anda sudah mencapai batas waktu yang di tentukan, sebaiknya segerakan ganti dengan aki yang baru !

sebab kerusakan pada komponen elektronika tidak akan bisa kita tebak, kapan waktu dia akan rusak ! tidak seperti pada mesin mobil yang berbunyi kasar, itu menandakan akan terjadinya kerusakan pada mesin tersebut.

Lalu..,!? Kenapa kita harus memilih mana yang terbaik antara aki kering dan AKI basah

sebenarnya bukan untuk menentukan mana jenis aki yang terbaik untuk kendaraan anda ! Namun lebih kepada kebutuhan anda, terhadap jenis aki yang Anda butuhkan

Karena setiap jenis aki mempunyai kekurangan serta kelebihannya masing-masing

seperti contoh yang akan saya berikan :

> Kelebihan aki / baterai kering

Aki dengan jenis ini mempunyai banyak kelebihan dari segi ekonomis serta praktisya ! Mengapa bisa demikian ?

aki kering tidak membutuhkan proses perawatan yang sulit, tidak mengharuskan kita selalu mengecek kondisi ketinggian air accu ! cukup sekali pasang kendaraan anda bisa langsung stater " jreeeng "

lalu dengan begitu berarti kita harus memilih aki kering ketimbang aki basah ?

Jangan terlalu terburu-buru kawan dalam menentukan pilihan, kita simak dulu artikel ini sampai tuntas !.

 > Kekurangan aki / baterai kering

aki tipe ini banyak yang bilang aki kering !
jangan tertipu kawan ! Aki dengan jenis ini tetap menggunakan cairan di dalamnya, namun cairanya berupa gel yang susah mengering dalam tempo yang sangat lama !

ketika gel yang terdapat di dalam aki tersebut mengering, zat pengikat teganganya pun menghilang, sehingga besarnya kapasitas penyimpanan setrum pada aki menjadi berangsur-angsur menurun dan akhirnya menjadi drop ! Atau loss setrum

Kejadian seperti ini aki tidak lagi bisa di gunakan untuk menyimpan setrum, hal-hal seperti ini akan terjadi ketika aki memasuki umur ke 4-6 tahun.

Dengan keadaan seperti ini apakah menambah gel kedalam aki akan membuat aki kembali dapat menyimpan setrum !

Jawabannya adalah tidak !
Kenapa dengan demikian ?, Seiring dengan berkurangnya gel tersebut maka Element-element yang dan di dalamnya pun menjadi rusak dan  mengkapur ! Dengan kata lain : lebih baik aki ini di jual saja ke tukang loak karna tidak akan bisa di pakai lagi !.


> Kelebihan aki / baterai basah

Baterai / aki dengan type basah, memiliki banyak kelebihan dari sisi kekuatan daya yang disimpan !, Dan juga handal pada pemakaian yang extrem

Contoh :
Mobil tua di bawah tahun 2005, Memiliki pengisian tegangan dari alternator yang sangat buruk !, tidak seperti mobil saat ini yang mempunyai pengisian yang baik dan terkontrol !

Bila pada saat mobil hidup langsam atau keadaan idle, pengisian dari alternator sangatlah kecil !

Namun ketika pada saat berkendara dengan kecepatan tinggi ! Justru aki akan mengalami over charge / pengisian berlebih !






Dengan kejadian seperti ini cairan di dalam aki berfungsi sebagai pendingin, saat aki mengalami over charge

Sedangkan pada aki kering bila di gunakan pada mobil tua makanya umur pemakaiannya sangat singkat ! Karena tidak mempunyai sistem seperti aki basah !.

> Kekurangan aki / baterai basah

Setiap alat yang mempunyai kelebihan ketimbang yang lainya, pasti memerlukan perawatan yang lebih,

Itu merupakan kekurangan dari aki dengan jenis ini, setiap perjalanan 1000 kilometer kita wajib menambahkan air aki tersebut, dan jangan sampai ketinggalan air aki di bawah lower atau Hingga kering.

> Lalu ? Manakah aki yang harus kita beli !

menurut saya, semua di sesuaikan dengan kebutuhan kita pada saat ini !

Bila Anda memiliki mobil dengan tahun perakitan di bawah tahun 2005 atau mobil anda di pasang sound system besar yang membutuhkan banyak daya !, Baiknya anda membeli aki basah

namun bila mobil anda di atas tahun 2005, serta tidak memasang sound yang besar ! Bila tidak ingin repot selalu mengecek kondisi air aki, lebih baik memilih untuk membeli aki kering saja !.


Nanang hadtra
Nanang hadtra Hallo semuanya, ! Perkenalkan nama saya adalah nanang hadtra, Saya adalah seorang yang senang membaca dan suka mencoba hal hal yang menarik buat saya , Merupakan pribadi yang colour full , saya senang mempelajari semua jenis ilmu , Baik dalam bidang elektronika listrik rendah , komputerisasi , desain grafis , internet marketing bahkan otomotif mobil pun menjadi kegemaran saya Semua ilmu yang saya dapat merupakan pengalaman pribadi yang coba saya tuangakan dalam bentuk tulisan artikel dalam blog pribadi saya Semoga menjadi amal jariyah , dan dapat bermanfaat serta memberikan peluang rezeki bagi kalian yang membaca dan mendapatkan ilmu dari tulisan yang tak seberapa ini, Terima kasih atas partisipasi dan waktu yang sudah anda luangkan , Kritik dan masukan anda ataupun ucapan terima kasih anda untuk kami, semoga membuat blog ini jauh lebih berkembang dan maju dalam ilmu teknologi, . :)