TV sharp mati total

TV sharp mati total

  seperti biasa ketika saya bangun pagi hari, hal pertama kali yang saya lakukan adalah membuka pintu rumah " karena katanya dapat mendatangkan rezeki yang melimpah "

kalau enggak rezekinya nanti di patok ayam hehehe, saya lanjutkan dengan membantu istri membersihkan kamar tidur karena dia sibuk menyiapkan makanan untuk makanan pagi kami sekeluarga, sehingga kami berbagi tugas,.

kalau beraktifitas tanpa menghidupkan televisi itu rasanya ada sesuatu yang aneh gitu ! saya langsung bergegas menyalakan televisi saya, tapi kok gk nyala ya!! kalau kata orang orang sih mati total tv nya! sama sekali gk ada respon ..

langsung saya bergegas membongkar tv saya dan alhasil saya menemukan hal yang secara langsung terlihat ganjil, atau aneh di mata saya !,


ternyata elco yang paling besar, atau elco utama di papan circuit board terlihat menggembung pada bagian atasnya, saya langsung menaruh rasa curiga, mungkin saja komponen ini yang mengalami kerusakan karena terjadi perubahan fisik, untuk lebih meyakinkan saya, agar lebih jelas bahwa komponen ini yang rusak, saya ambil multi tester untuk melakukan pengukuran secara spesifik.


cara melakukan pengukuranya

  • putar selektor switch pada bagian ohm meter di range X1
  • pada kabel multitester berwarna merah hubungkan ke kaki negative elco
  • pada kabel multitester berwarna hitam hubungkan ke kaki positive elco
  • lihat apakah jarum bergerak ke arah kanan (pengisian ) lalu kembali ke arah kiri (pembuangan)
  • pada kasus ini ternyata jarum tidak bergerak berarti komponen elco mengalami kerusakan

saya lakukan penggantian komponen yang rusak, ingat dalam melakukan penggantian komponen harus sama persis kode, kapasitas maupun fungsi dari komponen tersebut contohnya pada kasus ini saya melakukan penggantian komponen condensor elektrolite atau elco dengan kode/kapasitas 220 micro farad 450 v, maksud nya 220 micro farad adalah kapasitas dari kapasitornya adalah sebesar 220 sedangkan 450v adalah batas maksimum tegangan yang bisa di lewatkan oleh koponen tersebut


lakukan penggantian secara teliti!! jangan sampai terbalik menempatkan polaritas kapasitor nya, apabila terbalik maka mengakibatkan komponen tersebut dapat meledak !,


untuk memasangnya agar tidak terbalik sangatlah mudah cukup anda melihat tanda garis pada elco tersebut yang berwarna putih ! itulah kaki negatif dari komponen elco tersebut, dan cocokkan pada tanda (- ) yang tertera pada papan circuit board atau PCB,. 

sudah selesai melakukan analisa, pengukuran dan perakitan, tahap terakhir saya adalah pengetesan ! saya colokkan kabel power tv dan ternyata taraaaaa !!!

Alhamdulillah tv saya menyala kembali dan bertepatan dengan anak saya yang  bangun tidur dan langsung pingin nonton kartun! jadi gak bingung lagi deh ! , itulah cerita saya tentang pengalaman tv yang tiba tiba mati dan semoga artikel ini menjadi bermanfaat serta jangan lupa subscribe nya yaaa..
Nanang hadtra
Nanang hadtra Hallo semuanya, ! Perkenalkan nama saya adalah nanang hadtra, Saya adalah seorang yang senang membaca dan suka mencoba hal hal yang menarik buat saya , Merupakan pribadi yang colour full , saya senang mempelajari semua jenis ilmu , Baik dalam bidang elektronika listrik rendah , komputerisasi , desain grafis , internet marketing bahkan otomotif mobil pun menjadi kegemaran saya Semua ilmu yang saya dapat merupakan pengalaman pribadi yang coba saya tuangakan dalam bentuk tulisan artikel dalam blog pribadi saya Semoga menjadi amal jariyah , dan dapat bermanfaat serta memberikan peluang rezeki bagi kalian yang membaca dan mendapatkan ilmu dari tulisan yang tak seberapa ini, Terima kasih atas partisipasi dan waktu yang sudah anda luangkan , Kritik dan masukan anda ataupun ucapan terima kasih anda untuk kami, semoga membuat blog ini jauh lebih berkembang dan maju dalam ilmu teknologi, . :)