Mesin mobil ngelitik dan cara mengatasinya

Mesin mobil Ngelitik atau Knocking




kenapa sih disebut knocking dan mengapa bisa terjadi seperti itu ,. mungkin saya akan jelaskan secara sederhana dan bagaimana  cara mengatasinya bila kendaraan anda mengalami hal tersebut ..

knocking atau disebut ngelitik merupakan terjadinya proses timing pembakaran yang tidak sempurna atau kurang tepat .. bahan bakar tersebut terbakar sebelum tepat pada timingnya..

Baca juga :

=> Pertanda jika check engine menyala pada mobil anda
=> Makna lampu abs menyala pada mobil anda
=> Penjelasan jika lampu airbag menyala
=> Apakah sparepart lokal baik untuk kendaraan
=> Jangan semprotkan angin kompresor ke mesin saat ganti oli




mengakibatkan suara kasar yang terdengar sangat jelas pada bagian depan mesin terutama saat melakukan percepatan pada RPM 3000 ..
Apa penyebabnya ?

1. Kendaraan jarang di nyalakan
walaupun kendaraan jarang di pakai kendaraan wajib dinyalakan agar proses sirkulasi pada oli tidak kering. agar tidak terjadi gesekan yang kasar pada komponen mesin, terutama pada saat mesin mobil di nyalakan .. dan menghilangkan endapan dari bahan bakar yang terjebak di filter bensin yang mengakibatkan kotoran masuk ke dalam ruang bakar.

2. Oktan yang rendah
kualitas oktan yang rendah mengakibatkan terjadinya knocking pada kendaraan anda gunakan selalu bahan bakar yang ber oktan 92 seperti pertamax, untuk kalian yang berada di pedalaman pulau berhati hatilah saat mengisi bahan bakar karna sebagian bahan bakar yang mereka jual adalah hasil dari sulingan minyak mentah sendiri.

3. Kerak yang menempel pada cylinder head
dikarenkan dengan bahan bakar yang beroktan rendah, serta filter bensin pada kendaraan anda yang jarang di ganti, mngakibatkan kerak yang menempel dan menumpuk di pada ruang bakar, sehingga penbakaran menjadi tidak sempurna ..

BAGAIMANA SOLUSINYA !!!

1. Panaskan mesin kendaraan anda dengan cara menggeber gebernya dengan waktu yang lama
2. Setelah mesin kendaraan anda panas


Lepas semua busi pada kendaraan anda lalu siapkan karbon cleaner ( bisa anda dapatkan di toko spare part mobil terdekat ) masukan cairan karbon tersebut pada ruang bakar di saat suhu mesin masih sangat panas bertujuan agar kerak yang ada di dalam ruang bakar dapat mudah rontok,. dan rendam selama 30 menit ,

3. siapkan kardus bekas yang bersih guna melihat hasil dari karbon cleanernya


4.letakkan kardus bersih tersebut di atas lubang busi



Tahan kardus tersebut lalu stater mesin berulang ulang hingga cairan carbon yang telah bercampur kerak yang telah rontok menempel pada kardus tersebut. setelah selesai angkat kardusnya dan lihat hasilnya.,
kerak ruang bakar terangkat keluar langkah selanjutnya pasang kembali busi ( note* untuk hasil yang lebih sempurna setelah proses pengkarbonan gantilah busi dengan yang baru ),

5. Road test


Lakukan road test yang jauh guna membuang sisa sisa dari karbon yang terdapat pada ruang bakar, dari sini anda akan merasakan tarikan kecepatan mobil yang makin enteng , apabila knocking sudah hilang hentikan road test tersebut karna buang buang bensin, mubazir sayang kan mending buat beli bakso " enak ya".
Dan apabila masih di rasa belum hilang lakukan langkah selanjutnya .

6 .Penggerusan

Tahan posisi handle persenelang pada gigi 2 lakukan percepatan hingga RPM 4000 atau lebih tahan sampai mesin mobil ngeden tahan hingga 10 detik lalu masukan gigi 3. begitu pun sebaliknya lakukan percepatan hingga gigi 4 di RPM 5000 dan lakukan engine brake dengan langsung menurunkan perseneleng ke gigi 3 mobil ngeden ngeeeeng dan oper lagi ke gigi 2 . lakukan proses ini berulang ulang hingga suara knocking hilang , apabila kerak pada clynder head terlalu parah ada kemungkinan kita mengulang kembali ke proses awal hingga akhir lagi hingga menghabis kan 3 botol carbon cleaner guna mendapatkan hasil yang maksimal ..

 alhamdulillah apabila apa yang saya jelaskan diatas dapat bermanfaat bagi kita semua dan jangan lupa selalu isi bahan bakar kendaraan anda dengan pertamax lebih lebih dengan pertamax turbo lebih joss, karna apa " karna kami suka turbo " ya enggak bang  mobi .. so thanks for watching







Nanang hadtra
Nanang hadtra Hallo semuanya, ! Perkenalkan nama saya adalah nanang hadtra, Saya adalah seorang yang senang membaca dan suka mencoba hal hal yang menarik buat saya , Merupakan pribadi yang colour full , saya senang mempelajari semua jenis ilmu , Baik dalam bidang elektronika listrik rendah , komputerisasi , desain grafis , internet marketing bahkan otomotif mobil pun menjadi kegemaran saya Semua ilmu yang saya dapat merupakan pengalaman pribadi yang coba saya tuangakan dalam bentuk tulisan artikel dalam blog pribadi saya Semoga menjadi amal jariyah , dan dapat bermanfaat serta memberikan peluang rezeki bagi kalian yang membaca dan mendapatkan ilmu dari tulisan yang tak seberapa ini, Terima kasih atas partisipasi dan waktu yang sudah anda luangkan , Kritik dan masukan anda ataupun ucapan terima kasih anda untuk kami, semoga membuat blog ini jauh lebih berkembang dan maju dalam ilmu teknologi, . :)